Arsip

Archive for November, 2010

Pak Presiden Mengkudeta Pak Gubernur… (apa kata dunia??)

November 30, 2010 Tinggalkan komentar

Saya baru ‘ngeh’ dan ‘klik’ dengan berita-berita tentang RUU Keistimewaan Jogja yang akhir-akhir ini muncul kembali…

kemarin-kemarin hanya baca sepintas dan tidak terlalu berminat mikir, apalagi isu itu kan isu lama yang ga selesai-selesai…

tapi pagi ini, tentunya setelah kecewa dengan performa madrid yang terbantai 5 gol tanpa balas, saya seolah  terbangun dari kantuk saat baca tulisan Sukardi Rinakit di Kompas tentang jogja..

 

saya langsung berpikir, wowww… rupanya Pak Presiden ingin mengkudeta Pak Gubernur.. hahaha..

 

Saya orang awam, tidak tahu apa itu Monarki, apa itu Demokrasi…

apalagi jika mengkaitkan keduanya… wwhhhoooaaammmm..bikin ngantuk..

Yang Saya tahu, sejak SD dulu kala, ada 2 Daerah Istimewa dan 1 Daerah Khusus… masing-masing daerah itu tidak bisa disamakan dengan daerah lain karena faktor sejarah…

ah, saya juga orang yang ga paham sejarah. entah ada apa dengan Jogja masa lalu dan Aceh masa lalu..

lagi-lagi saya hanya berpikir dangkal, yang saya tahu selama saya di Jogja 8 tahun.. (lama juga ya???)… Jogja sangat eksotis, jogja sangat menarik, jogja sangat cantik, jogja sangat menawan…

Jogja sangat aman, nyaman, dan tentram…

Saya belum pernah mendengar Raja Jogja menyiksa rakyatnya sebagaimana raja-raja di cerita-cerita masa lalu…

Saya juga belum pernah mendengar raja Jogja mengambil hak rakyat melalui upeti-upeti, lagi-lagi seperti cerita-cerita masa lalu…

Saya juga belum pernah mendengar raja Jogja Korupsi…

Mungkin saya yang ga gaul sehingga tidak mendengar semua itu?? bisa jadi…

Tapi yang jelas, saya mendengar bahwa di daerah lain yang konon Kadal-nya di pilih secara langsung terlibat korupsi, juga kadalnya menyogok rakyat untuk memilihnya, juga kadalnya terlibat skandal ini dan itu…

tapi kenapa raja Jogja harus digugat posisinya?? kenapa harus diperdebatkan kedudukannya?? toh selama ini tidak ada masalah?? jika bicara masalah potensi, semua juga berpotensi memiliki masalah.. demokrasi?? dulu saya pernah dengar katanya itu sistem terburuk yang pernah ada hehehe…

lebih baik hidup dalam monarki dengan Raja yang baik, rakyat makmur daripada Demokrasi tapi rakyat lapar..hehehe…

haddduuuhhh Pak Presiden..kenapa sih harus takut???

 

Pasuruan, 30 Nov 2010

Iklan
Kategori:Uncategorized

KPU Ku Sayang, KPU Ku Malang…!!

November 29, 2010 1 komentar

Baru aja chat ma temen, tepate kakak angkatan kuliah…perbincangan berujung tentang KPU..

hhhhmmmm…

pertanyaan pertama tentang KPU,”eh trus koe jenjang karire piye?”

ini terkait ma karir Sekretaris KPU Kab/Kota yang cuma sampe eselohn III..mentok disitu..!!! nasib ya nasib…

mau lari ke KPU Prov?iya kalo bisa, kalo ga kan ya mancep di Kab/Kota hehe..

ya..semoga saja ada perbaikan tata organisasi di KPU…

tapi knp mikir jabatan??yang penting kan kerja yang bener, krja keras, kerja kreatif, produktif, dan tif-tif yang lain… pasti ada yang ngikut ke kita kalo kerja kita bagus..entah duit, jabatan, atau apapun itu… (kalo memang orientasinya duit, jabatan, dll..kalo orientasi akhirat yo pasti dapat surga..amien..)

pertanyaan kedua, “kerja di KPU banyak godaannya juga”

sambil bercerita ttg di Kab tempat dia tinggal, KPU-nya di penjara gara2 nilep duit PPK 200juta hehehe…

nasib ya nasib..jelek banget asumsi orang tentang kerja di KPU..hanya gara2 banyak kasus tilep2an duit..

tapi secara umum memang godaan akan banyak, apalagi kalo dihubungin ma calo2 suara dll..wahhh, angkat tangan deh…bisa saja ada, tapi saya sendiri belum pernah tau…tapi yakin deh ada..hehehe..

tapi knp juga takut dengan stigma gt kalo emang kita ga lakuin..hehehe..

pertanyaan ketiga, trus biasane sekretaris ma anggota KPU banyak bentroknya, gonmu kejadian ora?

waduhhh…dijawab ga jadinya bo’ong..dijawab iya koq ya malu-maluin..hehehee..

iya deh, jawabnya hampir di semua tempat seperti itu..

alasane, bisa karena tidak paham posisi dan kedudukan masing-masing, atau bisa juga masalah duit..yang satu pengen 1 yang satu pengen 2…repot deh jadinya..

hhhhhhhhhhhhhmm……. banyak lagi yang lain…

profesionalisme anggota KPU..!!! (harus di dorong bahwa siapapun yang jadi anggota KPU harulah orang2 yang punya kerjaan mapan, keilmuan mapan, dan cara berpikir yang mapan…)….

profesionalisme pegawe sekretariat KPU..!! (harus di dorong untuk terus ‘mengorganikkan’ staf sekretariat KPU…juga harus di dorong dan di awasi sistem rekruitment oraganik KPU agar lebih mengutamakan orang2 yg benar2 mumpuni, dan meninggalkan praktek nepotisme dan koncoisme..)

perbincangan belum berakhir… tapi mencoba menutup catatan ini dengan kutipan PaK Prof. Prat yang dikutip temen saya tadi.. “kata pak Tik kpu itu: state auxillary institution, organisasi setengah2”

saya hanya bisa tertawa…dan membalas “kesimpulan yang tepat meski dengan istilah yang kurang tepat” hahahhaa….

Pasuruan, 29 Nov 2010

Kategori:Uncategorized

Pembagian Gaji Pokok Cak Mis ke Masyarakat ??????

November 25, 2010 Tinggalkan komentar

Rabu pagi, tgl 24 November 2010, secara tidak sengaja saya buka-buka koran JP di meja depan kantor…

 

Ketika masuk di halaman Radar Bromo (JP di wilayah Pasuruan, Probolinggo dan sekitarnya), saya kaget melihat ada space ‘iklan’ yang cukup besar. Hampir separuh halaman terisi dengan banyak foto2…

judul ‘iklan’ itu adalah “Program Realisasi Pendistribusian 100% Gaji Pokok HM. Misbakhun, SE, Anggota DPR RI Komisi IX”

lengkap dengan sedikit uraian bla-bla-bla dan foto-foto pendukung. Foto-foto tersebut semuanya tentang penyerahan sumbangan berupa uang dan barang kepada masyarakat.  saya lihat di 12 foto tersebut tidak ada satupun foto Cak Misbakhun…mungkin diwakilkan karena kesibukannya Cak Misbakhun.

pastinya orang akan semakin mengeluh-eluhkan Sang Anggota DPR tersebut…orang baik, semua gaji pokoknya buat rakyat, dll, dll, dll, dll….

 

Itu media lokal tempat Misbakhun dilahirkan…

 

Media nasional, sehari sebelumnya memberitakan tentang vonis terhadap Misbakhun atas kasus pemalsuan dokumen L/C Bank Century. Meskipun kasusnya masih bergulir karena Misbakhun tidak menerima keputusan tersebut, KY berkomentar bahwa KY belum menemukan kejanggalan dalam keputusan vonis tersebut.

 

Saya tidak ingin larut dalam kasus tersebut, bersalah atau tidaknya Cak Misbakhun…

Yang jelas bagi saya adalah nama Cak Misbakhun sudah terjemar dengan kasus hukum tersebut, bisa jadi dia tidak bersalah tapi dia harus mempertanggungjawabkan nama baik rakyat yang memilihnya…karena sudah terseret dalam kasus hukum..

 

Saya hanya menyayangkan munculnya ‘iklan’ di radar bromo tersebut. Rupanya Cak Misbakhun ingin menutup opini kasus hukumnya dengan ‘iklan’ kedermawanannya…

Kalo saya boleh berpikir negatif, wah Cak Mis ini dapat kasus hukum terkait Bank Century, trus uangnya yg di bagi kira2 gmn ya?? kalo saya di kasih, saya akan bilang, mending di pake buat nutup utang deh gajinya, biar ga berperkara dan ga utang2 bank lagi..apalgi bank-nya bank kecil..hehehehe..

 

tau ah, saya juga ga kelan Cak Mis…

Cak Mis kan baru tenar terkait skandal century, kena kasusnya pula…yg heran, PKS ga bertindak dan tidak menyuruh Cak Mis berhenti di DPR… apa kata dunia kalo ada kader PKS kena kasus hukum dan ga mundur dr jabatan publik?? aya’ aya’ wae…

 

ah, lagi-lagi saya tidak ada urusan… anggota DPR yg ngurus century, nama Cak Mis tidak lebih keren dibanding Akbar Faisal, Gayus, atau bahkan dengan Ruhut sekalipun… di Fraksinya, dia ga seterkenal Fahry Hamzah, And Rahmat atau Mahfud shiddiq…siapa dia?? hehehe..

 

Tapi saya cuma berpesan sama temen2 Cak Mis, tim sukses Cak Mis, dan yg kenal Cak Mis…tolong dong, hentikan bikin iklan di media, apalagi jika isinya bertolak belakang… kasian masyarakat yg sdh menerima uang dr gaji pokok Cak Mis itu..muntah2 dia ntar..hehehehe..

 

pizzzz…

cuma untuk refreshing dan dalam rangka saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran…

Kategori:Uncategorized

Surat (Cinta) Terbuka Buat Bupati dan Wakil Bupati Gresik (1)

November 23, 2010 2 komentar

Assalamualaikum Wr., Wb.,

 

Selamat Pagi Bapak-Bapak yang terhormat…

Semoga Bapak-Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberi kekuatan Iman sehingga mampu menjalankan amanah tanpa ganguan nafsu kekuasaan…

Amien…

 

Mohon maaf Bapak-bapak apabila saya lancang menulis surat ini, tidak lain saya lakukan ini dalam rangka memenuhi kewajiban saya sebagai sesama muslim, saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran…

 

sebelumnya, saya ucapkan selamat atas kemenangan SQ, semoga SQ mampu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya…

 

Bapak-bapak yang terhormat, alhamdulillah pada tgl 19 November kemarin telah dibuka pendaftaran CPNS untuk wilayah Gresik, dan untuk daerah lain tentunya…

Seperti halnya tradisi yang ada, pendaftaran CPNS selalu di perebutkan ribuan peserta. hal ini tentu dengan asumsi bahwa pekerjaan sebagai PS adalah pekerjaan yang nyaman dan menjanjikan.

Besarnya minat itulah yang kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab dengan menjanjikan dapat meloloskan sebagai CPNS dengan imbalan tertentu. Dan yang lebih jelek lagi adalah isu-isu adanya calon-calon titipan dari orang-orang tertentu atau bahkan pejabat-pejabat tertentu.

Saya yakin, Bapak-bapak tidak setuju bahkan mengecam tindakan tersebut. Saya yakin bahwa bahwa Gresik mulai saat ini dan ke depan tidak lagi menggunakan cara-cara yang tidak semestinya. Dan saya yakin pemimpin-pemimpin Gresik akan amanah dalam hal ini.

ya, itu adalah harapan saya bagi Gresik…harapan saya sebagai rakyat Gresik, dan harapan saya agar Gresik lebih “berhias iman” untuk hari-hari mendatang…

 

Semoga harapan-harapan saya dan mungkin harapan sebagian masyarakat itu bisa difasilitasi dan mendapat sentuhan kekuasaan Bapak-bapak agar calo-calo CPNS atau titipan-titipan dalam CPNS tahun ini berkurang..

 

Sekedar informasi, Saya saat ini adalah CPNS di KPU Kota Pasuruan, dan alhamdulillah saya masuk dengan jalur yang normal. Yang paling mengganggu bagi saya adalah pertanyaan-pertanyaan tentang berapa rupiah yang harus saya setor sehingga saya lulus CPNS, dan siapa kenalan atau saudara saya di lingkungan KPU sehingga saya bisa lulus. miris hati saya ketika muncul pertanyaan tersebut. Bahkan ada yang mengklaim kalau tidak mungkin masuk kalau tidak pakai suap dan koneksi. Saya mengasumsikan itulah gambaran masyarakat tentang PNS masa-masa sekarang…

 

Sebagai informasi pula (dan saya yakin Bapak-bapak lebih tahu kondisi di lapangan..), tahun lalu istri saya mengikuti tes CPNS di Gresik. Mertua Saya sempat ditawari agar istri saya bisa lulus. Gratis. Karena memang untuk balas budi. Alhamdulillah kami tidak tergoda, meskipun harus menerima bahwa istri saya tidak lulus.

Tapi yang menjadi pikiran saya, seperti itukah model rekruitment di Gresik?? semoga saja itu hanya sebagian kecil..

 

Lagi-lagi saya yakin bahwa tahun ini, tidak ada lagi calo-calo atau titipan-titipan pejabat dalam rekruitment CPNS di Gresik. semoga Bapak-bapak berdua masih memegang amanah dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Masyarakat sesungguhnya tidak tahu, tapi Allah SWT Maha Tahu, dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya.

 

Akhirnya, hanya ini yang bisa saya lakukan untuk Gresik. meskipun saat ini saya tinggal di pasuruan, tapi Gresik merupakan Kota Kelahiran saya dan sebagian besar keluarga saya tinggal disana. dan saya merasa ikut memiliki Gresik.

 

Semoga Kita semua diberi kekuatan Iman sehingga mampu menjalankan Amanah kita masing-masing.

terima kasih atas perhatiannya…

 

Wassalamualaikum Wr., Wb

 

 

Moh Ilyas Purwo Agomo

Gg. Lebar 20 Sedagaran Sidayu Gresik

081803201180

Kategori:Uncategorized

Bimbing Hamba jadi suami yang baik ya Allah…

November 9, 2010 Tinggalkan komentar

Bismillah…

 

Ya Allah…

Hamba bukanlah seorang yang sholeh…

Hamba hanya manusia biasa yang banyak dosa…

 

 

Ya Allah…

Hamba bukan lah suami yang baik dan bertanggungjawab…

Hamba hanyalah suami yang sering menelantarkan istri..

 

Ya Allah…

Hamba bukan Luqman Hakim…yang bijak dengan petuah dan mendidik anak-anaknya dengan benar…

Hamba hanyalah seorang Bapak yang sering menyepelehkan anak-anak hamba..

 

Ya Allah..

tapi hamba yakin akan Kuasa-MU…

hamba yakin akan Besarnya diri-MU…

hamba yakin bahwa skenario-MU lah yang terbaik…

dan hamba yakin akan do’a-do’a yang Engkau ajarkan dalam Kitab-MU..

 

hamba tidak memiliki apa-apa Ya Allah…

hamba hanya bersandar padamu dalam menjalani tugas hamba sebagai suami dan bapak…

 

hamba hanya mampu berucap pada-MU dengan do’a yang Engkau ajarkan…dan hamba yakin Engkau Maha Berkuasa dan Maha Mendengar…

 

ROBBANA HAB LANA MIN’ AZWAJINA WA DZURIYYATINA QURROTA A’YUNIN WAJ’ALNA LIL MUTTAQINA IMAMAN

“ Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami dari istri-istri kami dan anak cucu kami yang menyenangkan kami dan jadikanlah kami sebagai ikutan bagi orang-orang yang bertaqwa ”

 

amien…

 

setelah ini hamba akan berusaha dan menanti campur tangan Kuasa-Mu Ya Allah…

Kategori:Uncategorized

Maafkan Aku Jogja…

November 6, 2010 Tinggalkan komentar

Andai aku punya banyak uang
Andai aku punya banyak tangan
Andai aku punya banyak ide
Andai aku punya banyak apapun juga

ingin rasanya ku berikan pada pengungsi di jogja, sehingga mereka tidak kekurangan masker, bayi2 tidak kekurangan susu, anak2 tidak kekurangan mainan, dan mereka tidak kekurangan relawan

tapi aku tidak punya itu semua…

hanya do’a dan rasa di hati buat mereka semua…
maafkan aku saudara2ku…

Kategori:Uncategorized

Jogja, Tetaplah Dengan Semangatmu…

November 5, 2010 Tinggalkan komentar

Beberapa hari ini berita tentang Merapi dan Jogja sekitarnya memenuhi media…

entah kenapa, hati ini sering merinding ketika membaca dan melihat berita-berita tentang merapi dan jogja…

mungkin ini karena saya pernah kuliah di jogja, pernah tinggal di jogja selama 8 tahun, pernah merasakan manisnya jogja, pernah merasakan keramahan dan kenyamanan jogja, pernah merasakan dingin dan sejuknya jakal KM 10, KM 8, KM 6, dll… atau bisa juga karena saya pernah merasakan bencana gempa jogja tahun 2006…

ingin rasanya segera pergi ke jogja, mungkin sekedar menengok dan menyapa jogja…karena saya tidaklah sehebat para relawan yang mampu hidup berdampingan dengan bencana… tapi memang tidak bisa, saya hanya bisa melihat dan mendengar melalui televisi masyarakat jogja yang memakai masker, yang lari-lari, yang berkumpul jadi satu di pengungsian…

selamat bekerja buat para relawan, do’a kami semua buat merapi dan masyarakat jogja sekitarnya… maaf kami tidak bisa banyak membantu…

tetep semangat masyarakat merapi, jogja dan sekitarnya… do’a dan hati kami buat masyarakat disana… semoga banyak hikmah yang bisa kita ambil pasca musibah ini…

 

 

pasuruan, 5 November 2010

* tadi malam hp penuh dg sms isinya kabar ttg merapi, tapi baru terbangun jam 3 malam ketika restu telp…

* maaf teman2, saya bisa tidur nyenyak di tengah kepanikan masyarakat jogja..

Kategori:Uncategorized